WEBSITE | DINAS PENANAMAN MODAL dan PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANJARBARU

SYUKURAN SELESAINYA PEMBANGUNAN MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA BANJARBARU DAN PENANDATANGANAN MoU DAN PKS DENGAN SKPD / INSTANSI YANG BERGABUNG DI MAL PELAYANAN PUBLIK

Posted on 06 April 2021


Foto bersama setelah penandatanganan MoU dan PKS | Foto DiangAnggrek

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No.23 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik yang mengintegrasikan Pelayanan Pusat, Daerah, BUMN/ BUMD dan Swasta dalam satu tempat, Pemerinta Kota Banjarbaru Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Melaksanakan Pembangunan MPP ini, Pembangunan Gedung yang bersumber dari (DPA-Murni) SKPD Tahun Anggaran 2020, dengan luas ± 2.000 m² terdiri dari 2 lantai dikerjakan dalam waktu 225 hari. 
Selain Ruang Pelayanan yang terdiri dari 12 Gerai layanan, Gedung Mal Pelayanan Publik ini juga dilengkapi dengan Musholla, Ruang Konsultasi dan Pengaduan, Ruang rapat, Kanting / Coffee Corner, Toilet umum dan Disabilitas, Runag pendampingan dan Pelayanan mandiri, Area Bermain Anak, Sudut Baca, Ruang Tunggu Pengunjung, Ruang laktasi, Ruang Server, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

 

Senin, 15 Februari 2021 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarbaru yang menjadi leading sector mal pelayanan publik ini kemudian mengadakan acara syukuran selesainya pembangunan gedung Mall Pelayanan Publik dan Penandatanganan MoU dan PKS dengan 8  SKPD / Instansi yang tergabung di Mall Pelayanan Publik, yaitu:
1.    SAMSAT Jenis Layanan : Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 1 Tahun Wilayah Banjarbaru dan Online Dalam Provinsi Kalimantan Selatan
2.     POLRES Jenis Layanan : - Perpanjangan Sim A dan C; - Perpanjangan SKCK; dan - Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu 
3.    BPJS Ketenagakerjaan Jenis Layanan : - Pelayanan Informasi dan Pengaduan; - Pelayanan Informasi Pendaftaran Kepesertaan; - Pelayanan Informasi Prosedur Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua Dan Jaminan Pensiun; dan - Pelayanan Konfirmasi Ulang Jaminan Pensiun Bagi Penerima Manfaat Pensiun Berkala
4.    Bank KALSEL Jenis Layanan : - Layanan Pembayaran PPOB Seperti : Pembayaran PLN Pre Paid dan Post Paid, Payment PBB Seluruh Kabupaten/Kota, Payment PDAM; - Payment Biaya Pendidikan : Uniska, SD IT Ukhuwah Banjarmasin, Lembaga Islam Sabilal Muhtadin, STIA Tabalong, STIA Bina Banua, Smk Bina Banua, Sekolah Islam Citra Madinatul Ilmi, Nurul Fikri Banjarmasin, Insida Martapura, STIA Amuntai, STI Pertanian Amuntai, STAI Rakha Amuntai, Yayasan Al Izzah Paringin, SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, Yayasan Al Futuwah Kandangan; - Payment Jastel (Fixed Phone Speedy, Indihome), Payment Telkomsel, Payment Pulsa Internet Telkomsel, Payment Xl/Axis, Payment Three (Prepaid) Payment Tv Berlangganan (MNC Vision, Indovision Postpaid, Top TV, Oke Vision); - Pembayaran Sewa Toko Dinas Pasar Kab Tabalong dan HSU; dan - Payment Perijinan : Banjarmasin, Banjarbaru, Balangan, Tabalong.
5.    BRI Jenis Layanan : - Pelayanan Pembayaran SIM dan SKCK Menggunakan Mesin EDC Uko, Link Aja dan Secara Tunai; - Pelayanan Pembayaran Bpjs Kesehatan Melalui E-Channel Bank Bri dan Secara Tunai; - Pelayanan Pembayaran Mpn G2 Untuk Pajak Menggunakan Mesin EDC BRI; - Pelayanan Pembayaran Rekening Listrik, Telepon, Dan Indihome; dan - Pelayanan Perbankan Lainnya. 
6.    BNN Jenis Layanan : - Pelayanan Pembuatan SKHPN (Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika); dan - Pelayanan Konsultasi Rehabilitasi dan Adiksi Narkotika
7.    BPPRD Jenis Layanan : - Penerimaan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2); - Pendaftaran Objek PBB-P2; - Mutasi Sebagian/Seluruhnya Objek Dan Subjek Pajak PBB-P2; - Penerbitan Salinan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB-P2; - Pembetulan SPPT PBB-P2 Yang Tidak Benar; - Pengajuan Keberatan PBB-P2; - Penerimaan Berkas Permohonan Pengurangan Pembayaran PBB-P2; - Penerimaan Berkas Permohonan Pengembalian Kelebihan Pembayaran dan Kompensasi PBB-P2; dan - Pemberian Informasi Terkait PBB-P2 
8.    DPMPTSP Jenis Layanan : - Pelayanan Perizinan; dan - Pelayanan Non Perizinan

Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan membuka Acara sekaligus melakukan pemotongan pita untuk Aula yang diberi nama “Aula Nadjmi Adhani” dan juga “Mushalla Ar-Rahmah”. 
Jaya; sapaan akrab Walikota Banjarbaru ini mengatakan bahwa sesuai dengan Visi Kota Banjarbaru sebagai Kota Pelayanan yang berkarakter.


 dengan adanya MPP ini dapat   memberikan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat khususnya di wilayah Kota Banjarbaru yang merupakan perwujudan dari Kerja ASN yang menjadi simbol bahwa pemerintah hadir untuk melayani masyarakat.
Jaya menambahkan, kita membangun karakter SDM yang santun, sopan, profesional dan berkompetensi tinggi dalam memberikan layanan. dengan adanya MPP ini seluruh layanan yang ada di Kota Banjarbaru bisa bersinergi dan dengan adanya komunikasi tentu menjadikan layanan semakin Prima dengan adanya MPP ini. (d.a)

 



Leave a Comment:




DPMPTSP Pemerintah Kota Banjarbaru

  Jalan Husni Thamrin No.1 70711

Telp : (0511) 4781711

Fax : (0511) 4781886

Email :

Jam Pelayanan

Senin s/d Kamis : 08:00 - 16:00
Jum'at : 08:00 - 11:00

Jejak Pendapat

Apakah informasi yang disajikan pada website DPMPTSP Kota Banjarbaru ini telah banyak membantu Anda?